EB Tylor: Bapak Antropologi Modern



EB Tylor memiliki nama lengkap Sir Edward Burnett Tylor (2 Oktober 1832—2 Januari 1917), adalah seorang antropolog yang berasal dari Inggris.

Gagasan Tylor melambangkan corak evolusi kebudayaan pada abad ke-19. Dalam karyanya Primitive Culture (1871) dan Anthropology (1881), ia mendefinisikan konteks studi ilmiah antropologi berdasarkan teori evolusi. Dia meyakini jika terdapat dasar fungsional dari perkembangan masyarakat dan agama, dia menganggap hal ini bersifat universal. Tylor menyatakan bahwa setiap masyarakat melewati tiga tahap dasar perkembangan: dari kebiadaban (savagery) lalu barbarisme hingga ke peradaban. Tylor adalah tokoh pendiri ilmu antropologi sosial, dan karya-karya ilmiahnya membantu membangun disiplin antropologi pada abad ke-19.

Tylor memperkenalkan kembali istilah animisme (kepercayaan adanya jiwa individu atau anima dari segala yang ada dan benda-benda di alam) ke dalam penggunaan umum. Dia berpendapat jika animisme sebagai fase awal dalam perkembangan agama-agama dunia.

EB Tylor mendefinisikan kebudayaan sebagai adalah keseluruhan yang kompleks mencakup pengetahuan, kepercayaan, seni, moral, hukum, adat istiadat, dan kemampuan serta kebiasaan lain yang diperoleh manusia sebagai anggota masyarakat.



Komentar